085736822227
kursuskorea40@gmail.com

PROSEDUR EPS KOREA

 

 

Bekerja ke Korea dari masa ke masa. Pada medium tahun 1990 an, kran bekerja ke Korea sudah di buka. awal-awal waktu itu status kerja di Korea adalah trainee atau 연습생.  ini berjalan hingga awal tahun 2004. Hingga ada ujian Bahasa Korea  karean status pekerja untuk orang asing ( 외국인 노동자 ), yang masuk ke korea dengan sistem kerja EPS ( employment permit system ), di mana ada hak-hak pekerja yang didapat oleh pekerja. Adapun syarat untuk menjadi seorang Pekerja di Korea memang semakin berat dan harus bekerja keras  diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Usia/Umur antara 18 tahun sampai dengan 39 tahun;
  2. Pendidikan cukup minimal SLTP/SMP;
  3. Orang yang tidak memiliki catatan kriminal yang berhubungan dengan pelanggaran serius atau sedang dihukum penjara;
  4. Orang yang tidak mempunyai catatan masa lalu pernah di deportasi dari Republik Korea;
  5. Orang yang tidak sedang dicekal atau dilarang untuk bepergian ke luar negeri dari Indonesia;
  6. Orang yang memenuhi persyaratan kelayakan bepergian ke luar negeri yang telah diputuskan oleh kedua negara.

Latihan Bahasa Korea / Lulus tes Bahasa Korea

Ujian Bahasa Korea awalnya melalui LPBK di lanjutkan dengan  KLPT hingga menjadi EPS TOPIK. TOPIK  atau  Test Of Proficiency In Korean – TOPIK 한국어능력시험 adalah lembaga penyelenggara test bahasa Korea yang sudah lumayan lama, yang dirangkul HRD Korea untuk menyelenggarakan ujian Bahasa Korea. Untuk bisa lulus memang diharapakan calon pekerja yang ingin bekerja di Korea diharapkan belajar bahasa Korea, bisa melalui kursus-kursus atau belajar sendiri secara otodidak. komunitas belajar bahasa Korea di surabaya mengajak pecinta belajar bahasa Korea untuk belajar bersama di JL. Banyu Urip Kidul I no 40. B Surabaya. Kenapa demikian ? karena semenjak tahun 2017 ujian EPS topik diikuti dengan ujian Skill Test.

Ujian EPS-Topik biasanya diselenggarakan satu kali dalam setahun diseluruh negara peserta EPS-Topik termasuk Indonesia. Ujian EPS-Topik dibagi menjadi dua bagian, ujian CBT (Computer Based Test) dan PBT (Paper Based Test). Ujian EPS-Topik jenis PBT hanya untuk bidang Manufaktur saja. Artinya jika Anda memilih jenis kerja bidang Manufaktur/Pabrik maka ujiannya mengambil jenis PBT. Lalu untuk jenis CBT bagi Anda yang memilih kerja bidang Fishing atau kerja di laut/tambak ikan. Dan untuk Ujian EPS-Topik jenis CBT biasanya diselenggarakan dalam setahun lebih dari satu kali.
Ujian EPS-Topik adalah soal ujian pilihan ganda sebanyak 4 pilihan setiap soalnya. Total jumlah soal ujian EPS-Topik adalah 50 soal dan diselenggarakan selama 70 menit. Kemudian soal ujian EPS-Topik dibagi menjadi dua sesi, sesi reading (membaca) dan sesi listening (mendengar). Sesi membaca disediakan waktu selama 30 menit dan sisanya 40 menit untuk sesi listening.
Tempat pelaksanaan ujian EPS-Topik biasanya dilaksanakan di Universitas-Universitas besar Indonesia yang sudah ditentukan oleh HRD-Korea dan BNP2TKI. Seluruh panitia yang menyelenggarakan ujian EPS-Topik adalah pihak Korea langsung. Artinya tidak tercampuri oleh orang Indonesia atau penduduk negara setempat.

Pengumuman Kelulusan Ujian EPS-Topik

Untuk mengetahui informasi tentang kelulusan ujian EPS-Topik, Anda bisa mengakses internet dengan URL eps.hrdkorea.or.kr dan epstopik.hrdkorea.or.kr. Atau bisa juga Anda bisa melihatnya di WEB BNP2TKI. Karena jika sudah tiba pada waktu jadwal pengumuman, biasanya di WEB BNP2TKI juga akan diumumkan.
Kemudian jika ternyata nama Anda dapat ditemui di daftaran kelulusan ujian EPS-Topik maka langkah selanjutnya Anda harus membuat akun EPS-Topik. Daftar akun EPS-Topik bisa mengakses internet dengan URL eps.go.kr. Banyak keuntungannya jika Anda terdaftar di WEB eps.go.kr. Diantaranya Anda akan mengetahui berapa nilai ujian EPS-Topik Anda baik sesi reading dan listening.
Hal yang paling penting jika Anda terdaftar di akun EPS-Topik adalah Anda bisa memantau perkembangan lamaran Anda yang diajukan ke perusahaan Korea Selatan. Informasi yang didapat dari akun EPS-Topik sangat lengkap. Dari mulai Anda mengirimkan lamaran sampai waktu Anda terbang dan kepulangan nantinya.

Mengajukan Lamaran Pekerjaan Ke Perusahaan Korea Selatan

Jika Anda lulus ujian EPS-Topik maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan-perusahaan Korea Selatan. Berkas lamaran pekerjaan ini Anda kemas menjadi satu bundel dan dikirimkan melalui jasa Pos ke BNP2TKI. Kemudian lamaran pekerjaan ini biasa disebut dengan Sending Data.
Adapun persyaratan-persyaratan lamaran pekerjaan untuk Sending Data ini adalah sebagai berikut :
  1. Formulir lamaran pekerjaan yang didapat dari panitia EPS-Topik ketika mengambil Sertifikat Kelulusan.
  2. Photo copy KTP.
  3. Photo copy Kartu Keluarga.
  4. Photo ukuran 3 x 4 berwarna dengan latar belakang putih
  5. Photo copy Ijazah (legalisir) pendidikan terakhir.
  6. Photo copy Sertifikat Kelulusan Ujian EPS-Topik.
  7. Photo copy SKCK Polda.
  8. Asli Surat Keterangan MCU dari Rumah Saki.
  9. Asli Surat Keterangan Ijin dari Orangtua atau Suami/Istri ditempel meterai Rp. 6.000.
  10. Photo copy Kartu Kuning (AK-1).
  11. Poto copy Paspor.
Semua berkas lamaran Sending Data tersebut Anda kirim ke alamat PO BOX 4451 JKTM 12700. Jika sudah mengirimkan Sending Data, maka Anda tinggal memantau kemajuan proses imigrasi data Anda melalui akun EPS-Topik.
Perlu diketahui dan diperhatikan juga bahwa masa berlaku lamaran pekerjaan (Sending Data) dan Sertifikat Kelulusan EPS-Topik hanya dua tahun saja. Artinya jika selama dua tahun lamaran kerja Anda belum diterima juga oleh pihak perusahaan Korea Selatan, maka sertifikat dan Sending Data Anda sudah tidak berlaku lagi. Anda harus mengikuti ujian EPS-Topik ulang untuk mengajukan lamaran kembali.

Turun Kontrak Kerja (SLC)

Sebagai tanda Anda diterima untuk bekerja di perusahaan Korea Selatan adalah turunnya Kontrak Kerja atau istilah lainnya SLC (Standard Labor Contract). Didalam SLC ini dicantumkan dengan lengkap tentang data-data pabrik tempat Anda bekerja nantinya. Seperti nama majikan, nama pabrik, jumlah gaji, alamat pabrik, dan lain sebagainya. Kemudian canggihnya lagi Anda bisa mengecek lokasi pabrik lengkap dengan gambarnya menggunakan nomor telepon atau alamat yang tercantum di dalam SLC. Caranya Anda cukup mengakses internet dengan URL www.daum,net dan masukkan nomor telepon atau alamat pabrik di kotak pencarian.

Mengikuti Preliminary Training (Prelim)

Jika Anda sudah menerima kontrak kerja (SLC) maka selanjutnya adalah menunggu panggilan dari BNP2TKI untuk melaksanakan Persiapan Akhir Pemberangkatan (PAP). Untuk mengetahui jadwal panggilan PAP ini Anda bisa memantau akun EPS-Topik masing-masing kemudian Anda pantau juga WEB BNP2TKI. Kegiatan PAP ini sering juga disebut dengan Preliminary Training (Prelim).
Prelim diselenggarakan selama 6 hari di gedung BP3TKI Ciracas Jakarta. Selama 6 hari ini Anda akan mendapatkan pembelajaran-pembelajaran penting sebelum Anda diberangkatkan nantinya. Kegiatan prelim ini termasuk kegiatan yang wajib Anda laksanakan. Karena jika Anda tidak mengikuti kegiatan Prelim, maka Anda akan dibatalkan untuk berangkat kerja ke Korea Selatan.
Selain pembelajaran Bahasa Korea, ketika prelim Anda akan di cek ulang lagi kesehatannya (MCU). Kemudian Anda akan dites Psikologi untuk mengetahui seberapa jauh IQ Anda. Dan yang paling penting ketika prelim Anda akan diminta Administrasi keuangan yang menyangkut masalah pemberangkatan nanti. Misalnya pembayaran tiket pesawat serta administrasi-administrasi lainnya. Kemudian ketika prelim seluruh data/berkas Anda akan dicek ulang (Validasi Data). Untuk itu disarankan ketika prelim Anda harus membawa berkas-berkas penting seperti Ijazah, KTP, Passpor, Kartu Keluarga, dan lain-lain.

Diterbitkan Visa Kerja (CCVI)

Selesai melaksanakan kegiatan prelim selama 6 hari di gedung BP3TKI Ciracas Jakarta, selanjutnya Anda menunggu di rumah sampai diterbitkannya Visa Kerja (CCVI). Untuk mengetahui perkembangan setelah Anda melaksanakan kegiatan prelim, terus saja Anda pantau akun EPS-Topik masing-masing. Karena seperti yang sudah diterangakan diatas, bahwa seluruh data-data perkembangan imigrasi Anda terdapat di akun EPS-Topik. Penerbitan CCVI juga akan diberitahukan di akun EPS-Topik masing-masing.

Waktunya Terbang Ke Korea Dan Bekerja

 

Nah jika Visa Kerja (CCVI) Anda sudah diterbitkan, maka saatnya sekarang Anda berkemas-kemas mempersiapkan diri untuk terbang. Pengumuman terbang akan diterbitkan di WEB BNP2TKI dan biasanya akan diumumkan setiap hari Kamis sore/menjelang malam Jum’at. Kemudian Anda hari Minggu pagi harus datang ke gedung BP3TKI Ciracas Jakarta, karena hari Seninnya Anda akan terbang ke Korea Selatan.
Adapun persyaratan yang dibawa ketika Anda sudah mendapat panggilan terbang adalah sebagai berikut :
  1. Kwitansi asli pembayaran kegiatan Prelim;
  2. Kwitansi asli pembayaran Visa Kerja atau Apply Visa;
  3. Kwitansi asli uang muka (Deposit) Tiket Pesawat;
  4. Surat Pernyataan Deportasi yang bermaterai Rp. 6.000;
  5. Photo Copy seluruh berkas Asuransi;
  6. Photo Copy Passpor;
  7. Photo Copy KTP;
  8. Photo Copy Rekening Tabungan;
  9. Hasil asli Medical Chek-up;
  10. Sertifikat asli kelulusan ujian EPS-Topik;
  11. Sertifikat asli Prelim;
  12. Membawa materai Rp. 6.000;
  13. Photo berwarna 3 x 4;
  14. Photo berwarna 4 x 6;
  15. Print Panggilan Terbang dari web BNP2TKI;
  16. Uang untuk membayar pelunasan tiket pesawat;
  17. Membawa uang saku yang sudah ditukar ke Won;
Selesai sudah tulisan tentang cara lengkap untuk bisa bekerja di Korea Selatan. Jika Anda sudah terbang nanti dan tiba di Korea Selatan, kemudian Anda selama 3 hari akan ditampung dulu dan akan di tes lagi kesehatannya/Medical Check-up.
Demikian semoga bermanfaat dan kepada komunitas korea,eks pekerja Korea, atau juga pecinta bahasa Korea semoga senantia sukses .
shares