MASAKAN KOREA : RESEP MEMBUAT BIBIM BAB

Sharing is caring!

             Resep membuat Bibim bap
Bahan – Bahan  :
Daging sapi, akar bunga lonceng (doraji), bracken (gosari, sejenis tanaman paku), kecambah, zucchini, jamur shiitake, nasi, saus gochujang, kecap asin, minyak wijen, bawang putih cincang, daun bawang cincang, biji wijen, lada hitam.
Bahan-bahan seperti doraji atau gosari mungkin sulit ditemui, namun bisa didapatkan di swalayan yang menjual produk  Korea, atau bisa diganti dengan sayur lain, misalnya bayam.
Cara membuat : 
Daging sapi: bagian yang tak berlemak ¼ pon dipotong tipis-tipis, dicampurkan dengan 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt bawang putih cincang, daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen, ¼ sdt minyak wijen dan digongseng di atas api besar dalam tempo sebentar, lalu angkat.
Doraji : dicincang tipis, lalu diremas bersama garam, cuci lalu direbus dalam air panas, angkat, diremas sampai airnya  keluar, kemudian tumis dengan bumbu 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, ½ sdt bawang putih cincang, 1 sdt biji wijen yang di atas api besar, setelah itu angkat.
Gosari: ¼ pon mentah dibersihkan dengan air, remas sampai cairannya keluar, lalu dipotong dengan ukuran 2 inci, dan  tumis cepat di atas api besar dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen yang dipanggang, lalu angkat.
Zucchini: 1 buah zucchini dipotong tipis-tipis, direbus dalam air, angkat dan remas sampai airnya keluar campurkan dengan 1 sdt garam, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt biji wijen yang dipanggang.
Jamur: 4 buah jamur pyogo (shiitake) direndam dalam air hangat dan dipotong tipis-tipis tumis dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt kecap asin, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen panggang di atas api besar dengan cepat dan angkat.
Nasi: (4 cangkir) dicampurkan dengan 1 sdt minyak wijen, garam dan sajikan 1 cangkir nasi dalam setiap mangkuk  perorangan.
Saus Gochujang: 4 sdt gochujang, dicampurkan dengan 1 sdt gula pasir, 1 sdt biji wijen panggang dan 2 sdt minyak wijen.
Masukkan dan susun semua bahan-bahan yang sudah disiapkan dalam mangkuk. Di tengah-tengah tuangkan saus gochujang dengan kuning telur. Aduk-aduk perlahan sampai semua bahan tercampur merata.
————————————————————————————————–
Bahan :
– 3 sendok makan minyak
– 300 gr daging cingcang
– 4 siung bawang putih, cingcang halus
– 2 sendok makan, jahe cingcang
– 2 sendok the soy sauce
– 2 buah wortel, potong korek api
– 2 buah mentimun, potong korek api
– 4 buah jamur shitake, iris tipis
– 150 gr tauge jepang
– 4 butir telur
– 400 gr nasi pulen
– 4 sendok makan korea hot bean paste
Cara membuat :
1. panaskan minyak, masukan daging cingcang, bawang putih, jahe, dan soy sauce. Masak hinnga daging berubah warna dan
matang. Angkat, sisihkan.
2. panaskan minyak, tumis wortel, mentimun, dan jamur hinnga matang, angkat sisihkan.
3. panaskan sedikit air dalam wajan, masukan telur hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
4. masukan nasi dalam mangkuk beri telur mata sapi di atasnya. Masukan juga daging dan tumisan sayuran. Tambahkan pasta di
atasnya.
(hasil 4 porsi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *