TIP DAN TRIK MENGHADAPI EPS TOPIK BAHASA KOREA

Sharing is caring!

5 Teknik Terbukti untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Korea Anda

Dengan metode mendengarkan inilah yang membuat kita belajar dari bahasa ibu kita. Sebelum anak belajar berbicara, membaca atau menulis, ia belajar untuk mendengarkan dan memahami dan hal itu sangat berkontribusi terhadap pengembangan 3 keterampilan bahasa lainnya yaitu menulis membaca dan mendengarkan.

Tapi seberapa penting kemampuan mendengarkan ketika harus belajar bahasa asing?

Komunikasi dengan mendengarkan itu menunjukan  bahwa dari aktivitas komunikasi kita  sehari-hari rata-rata 45% dihabiskan untuk mendengarkan dibandingkan dengan 30% berbicara, membaca 16% dan 9% menulis.

Ini berarti jika Anda berencana untuk bekerja atau belajar di Korea atau dengan orang Korea di negara lain, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan Korea. Jadi, jika Anda memiliki kemampuan mendengarkan Bahasa  Korea yang bagus, peluang Anda untuk sukses akan lebih tinggi.

Hasil gambar untuk 듣기

Meningkatkan keterampilan Pendengaran Bahasa  Korea Anda memiliki banyak manfaat lainnya yaitu :

  • Jika Anda pandai mendengarkan, kemungkinan Anda juga akan menjadi baik dalam 3 kemampuan bahasa lainnya, yaitu berbicara, membaca dan menulis.
  • Jika kemampuan mendengarkan Bahasa Korea Anda bagus, Anda akan bisa menikmati film, drama, dan musik Korea lebih banyak lagi.
  • Anda akan dapat memahami acara TV Korea, Berita, podcast dll dan ini akan menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang Korea, masyarakat, ekonomi, dll.
  • Anda akan bisa berkomunikasi lebih baik dengan orang Korea.

Jadi, bagaimana kita bisa meningkatkan kemampuan mendengar bahasa Korea kita? Di sini kami berbagi dengan Anda 5 teknik yang telah terbukti untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Bahasa Korea  Anda:

  1. Dengarkan Lebih banyak.

Ini terdengar cukup jelas, bukan? Semakin banyak Anda mendengarkan, semakin baik kemampuan mendengar Anda. Jika Anda berada di Korea, itu harus sangat mudah bagi Anda. Keluar dari ruangan Anda dan mendengarkan orang-orang yang berbicara di bis, jalanan dan pertokoan. Buat beberapa teman Korea dan bicaralah dengan mereka. Tapi pastikan bahwa saat Anda berkomunikasi dengan orang Korea asli, mereka berbicara dalam bahasa Korea. Mungkin kedengarannya aneh tapi saya melihat orang bertemu dengan niat untuk melakukan pertukaran bahasa. Dalam pertemuan semacam itu, orang asing itu berbicara bahasa Korea sementara orang Korea mencoba berbicara sebanyak mungkin bahasa Inggris (atau bahasa asing lainnya). Cara yang lebih baik adalah membagi slot waktu dan berkomunikasi dalam satu bahasa dalam satu waktu. Karena mendengarkan ucapan asli sama pentingnya untuk memperbaiki bahasa Korea Anda. Jika Anda tidak berada di Korea, Anda dapat menggunakan YouTube untuk menonton video yang dibuat oleh orang Korea asli. Anda bisa menonton drama dan film Korea, mendengarkan podcast. Anda juga dapat membuat beberapa bahasa bertukar teman secara online dan berkomunikasi dengan mereka melalui Skype selama 5-10 menit setiap hari.

  1. Dengarkan Sesuatu yang nyaman untuk dinikmati

Jangan dengarkan CD atau berita audio yang membosankan jika Anda tidak menikmatinya. Jika Anda tidak menikmati mendengarkan dan memahami sesuatu, Anda akhirnya akan bosan dan menyerah. Temukan hal / topik yang Anda sukai untuk berbicara atau tahu lebih banyak tentang dan temukan materi mendengar tentang topik tersebut. Jika Anda menyukai keuangan dan politik, tidak perlu secara paksa menonton drama Korea. Melainkan Anda harus menemukan acara TV atau podcast dengan pembicaraan dan perdebatan tentang politik dan keuangan. Karena Anda memiliki pengetahuan latar belakang di bidang itu dan suka membicarakannya, Anda akan menikmati mendengarkan lebih banyak; Anda akan lebih fokus pada kalimatnya. Sambil mendengarkan, jangan mencoba memahami setiap kata dan kalimat. Mendapatkan inti makna lebih penting. Jika Anda bisa mengikuti arus audio, Anda baik-baik saja.

  1. Melakukan mendengarkan dengan aktif

Ada perbedaan antara  hearing dan  listening. Kita memperhatikan untuk mengerti artinya saat kita mendengarkan. Mendengarkan aktif adalah langkah di atas itu. Bila Anda melakukan pendengaran aktif, Anda tidak hanya bertujuan untuk memahami artinya tetapi Anda juga memperhatikan elemen linguistik yang digunakan – seperti tata bahasa, kosa kata, pengucapan dan intonasi. Kapan pun Anda mendapat kesempatan untuk mendengarkan penutur asli, apakah itu komunikasi tatap muka atau melalui komputer atau TV, perhatikan bagaimana mereka membingkai kalimat mereka, bagaimana mereka mengungkapkan gagasan yang berbeda dan cara mereka mengucapkannya. Hal-hal ini tidak kalah pentingnya dibanding makna kalimat.

  1. Gunakan Subtitle atau transkrip

Saat Anda menonton drama atau film untuk pertama kalinya, cobalah menontonnya tanpa subtitel, meskipun Anda tidak mengerti banyak hal. Kemudian kedua kalinya menonton dengan sub judul Korea. Sekarang Anda sudah memahami kontennya, jadi Anda bisa membaca subtitle lebih cepat dan Anda juga bisa lebih fokus pada struktur kalimat. Jika Anda bisa menemukan transkrip atau file teks subtitle sebuah  video, bacalah sambil mendengarkan audio.

  1. Fokus pada Pengucapan, Intonasi  dan pengisi suara.

Bila Anda mendengarkan pembicara asli Korea, jangan hanya fokus pada tatabahasa dan kosa kata; fokus pada pengucapan kata-kata dan intonasi yang digunakan untuk mengekspresikan emosi.

Perhatikan juga jenis pengisi apa yang mereka gunakan untuk membuat percakapan menjadi lebih alami (seperti – 아 ~, 그러게, 그러네요, 글쎄, 뭐, 그렇구요, 그렇지요). Cobalah meniru gaya ini saat Anda berbicara. Ini juga membantu untuk menulis percakapan di atas kertas, merekamnya dengan suara Anda sendiri menggunakan intonasi dan pengisi alami dan kemudian mendengarkannya. Dengan cara itu Anda akan tahu betapa wajarnya suara Anda dan di mana Anda perlu untuk meningkatkan lebih banyak.