TATA BAHASA KOREA : PERBEDAAN 은/는 DAN 이/가 DALAM BAHASA KOREA I

Sharing is caring!

Perbedaan antara 은 / 는 dan 이 / 가 ?  Menurut anda gampang atau sulit ?

Ya, kalau menurut saya sih sulit, karena kan selalu punya semboyan ” 한국어는 너무 어렵지만 너무 재미 있어요 ” Bahasa Korea itu sulit tetapi mempelajarinya menyenangkan

은 / 는 dan 이 / 가 mungkin adalah partikel Korea yang paling membingungkan (penanda kasus) untuk orang yang pemula belajar bahasa Korea. Bahkan para profesor bahasa Korea merasa sangat sulit untuk menjelaskan perbedaan yang tepat antara kedua partikel dan cara penggunaannya. Kami akan mencoba untuk menyederhanakan hal-hal sedikit di sini sehingga mudah bagi Anda untuk memahami perbedaannya.

은 / 는 disebut partikel Topic sementara 이 / 가 disebut – Partikel Subjek. Yang membingungkan adalah topik dan subjek terkadang tidak dapat dibedakan dengan jelas. Orang atau benda yang menjadi fokus utama dari kalimat tersebut disebut topik. Subjek kalimatnya tidak selalu menjadi topiknya.

Misalnya: Dalam kalimat “오늘 은 날씨가 좋아요.” Subjek kalimatnya adalah 날씨 (Weather) sedangkan topik kalimatnya 오늘 (Today).

Subjek kalimat juga bisa menjadi topik kalimat dan sebaliknya.

Sebenarnya, dalam sebagian besar situasi 은 / 는 dan 이 / 가 saling dipertukarkan. ‘이것은 책 입니다’ dan ‘이것이 책 입니다’ cukup banyak hal yang sama.

Ada beberapa situasi ketika Anda seharusnya menggunakan salah satu partikel ini, tetapi bahkan jika Anda menggunakan yang salah, bukan berarti kalimat itu tidak dapat dipahami atau semacamnya. Orang masih akan mengerti apa yang ingin Anda katakan. Jadi Anda tidak perlu terlalu banyak stres.

Hasil gambar untuk 한국어 배우기

Ingat saja beberapa aturan tentang penggunaan 은 / 는 dan 이 / 가 dan Anda akan baik-baik saja.

은 / 는 vs 이 / 가

Bila kalimat negatif dengan kata kerja ‘to be’ (아닙니다 atau 아니에요 i.e. is / am / are + not), Anda harus selalu menggunakan 이 / 가 dengan kata benda sebelumnya. Contoh: 이것은 책이 아니에요.

Jika Anda menggunakan 있다 / 없다 Anda harus selalu menggunakan 이 / 가 dengan kata benda sebelum itu. Misanya : 펜이 있어요?  — 저는 내일 시간 이 없어요.

Umumnya bila ada dua kata benda dalam sebuah kalimat dan kata kerja deskriptif (atau kata sifat) telah digunakan, gunakan 은 / 는 dengan kata benda pertama dan 이 / 가 dengan yang kedua. Contoh: 오늘 은 날씨 가 좋아요. 이 식당 은 음식 이 맛있어요.

Bila Anda ingin menunjukkan kontras atau menekankan kata benda, Anda harus menggunakan 은 / 는. Misalnya – 품질이 좋은데 가격 은 너무 비싸요. (Kualitas bagus tapi harganya terlalu mahal.)

Perhatikan bahwa kita telah menyederhanakan peraturan. Ada aturan dan penjelasan yang lebih rumit tapi kami tidak ingin membingungkan Anda lagi. Yang pasti jika anda pingin belajar bersama Bahasa Korea, untuk yang berada di sekitaran Surabaya bisa merapat di Kursus Bahasa Korea Surabaya. JL. Banyu Urip Kidul I no 40 Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *