Sharing is caring!

Berawal dari suka drama korea, orang lalu suka apa saja yang berkaitan dengan Korea. Dari musik, pakaian hingga makanan. Untuk makanan memang ada kendala, karena selera atau karena memang kurang tersedianya bahan. Nah, ada menu sederhana yang biasa jadi hidangan di Korea, yang tentu juga cocok dengan selera Indonesia, juga bahan-bahannya sangat gampang di dapat. Adalah Omeuraise ( 오므라이스 ) yaitu telor dadar yang diisi dengan nasi goreng. Kata ini dari ” omelette filled with Korean fried rice “. Nah dari namanya saja kan pasti sudah bisa di perkirakan. Menu ini terdiri dari dua bagian, Telor dadar + nasi goreng. Untuk resepnya, kita bisa memilih sesuai selera, namun kebanyakan orang korea membuat nasi goreng dengan komposisi bahan : Bawang bombai, wortel, daun bawang, paprika, daging atau ayam , juga bisa tuna.

Cara memasak :


Semua bumbu dicincang dan digoreng untuk campuran nasi goreng. Untuk telor dadar, karena sebagai pembungkus nasi goreng perlu yang besar, maka bisa pakai telor ayam atau bebek. Atau untuk hasil yang lebih besar lagi, bisa pakai telor angsa. mau yang lebih besar lagi biar nasi gorengnya muat lebih banyak…? pakai telor burung unta. Nah, setelah selesai dan siap dihidangkan, tuangkan saus di atasnya. Bisa yang agak pedas biar tambah mantap. Omeurais itu bukan hanya sekedar menu makan, tapi juga sebuah filosofi. Artinya bahwa kita jadi orang itu harus seperti omeurais, enak di luar, enak di dalamnya. Bungkusnya bagus, isinya juga hebat, penampilannya menawan, rasa juga “OKE”. Bicara nasi goreng , jadi ingat kisah 2 orang teman sepasang kekasih yang mau makan nasi goreng. Tapi jangan bilang-bilang, karena ceweknya juga lagi baca tulisan ini. Cewek itu sebelum makan, pesan sama pelayan. ” sini mbak… ” pintanya pada yang pelayan restoran itu. “Iya mau pesan apa ya ? ” tanya sang pelayan . ” aku mau pesan nasi goreng 2 ( dua ). Yang satu pedas, yang satu jangan pedas. Kalo yang pedas nasinya sedikit saja. Yang tidak pedas, nasinya agak banyakan ya . Yang nasinya banyak, pake kol tapi jangan terlalu banyak. Yang nasinya sedikit, pake kol agak banyak. Yang kol nya sedikit, pake telor mata sapi. Yang kol nya banyak, pake telor dadar aja. Yang pedas, ayamnya pake tulang ya mbak , terus yang nasinya banyak, gak usah pake tulang, tapi kulit ayamnya kasih banyak. Yang pake telor mata sapi, jangan pake kerupuk. Terus yang pedas pake kerupuk. Satu lagi mbak , jangan lama-lama ya….”

Kemudian si pelayan masuk terus bilang sama tukang masak ” Mas, Meja nomor 2 pesan NASI CAMPUR ” kata pelayan saking jengkelnya. ” Campur apa ya? ” tanya juru masaknya. ” Masing-masing campur sambal 2 mangkok…” jawab pelayan sambil ngeloyor pergi.

Oke, kita sudah kenalkan masakan korea, untuk yang lebih detail tentang bahasa Korea, Tata bahasa Korea, Budaya korea, bisa merapat ke Komunitas Belajar bahasa Korea di JL. BANYU URIP KIDUL I NO 40. B SURABAYA. 085736822227 ( wa. sms )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

BELAJAR KOREA

shares