Sharing is caring!

Anda pasti sering dengar kata-kata ini ” 첫 눈에 사랑에 빠지다 ( cheot nune sarange ppajida )  jatuh cinta pada pandangan pertama ” . Namun benarkah itu cinta? Kalau itu bukan, lalu bagaimana sebenarnya cinta itu..? dan kalau jawabannya iya, begitu mudahkah cinta itu tumbuh dan jatuh…? Atau anda juga masih ragu dengan kata ” 사랑은 모든 것을 치유합니다 ( sarangeun modeun geoseul chiyu hamnida ) cinta itu menyembuhkan segalanya “.
Nah…membahas sesuatu yang mengingatkan kita pada kisahnya Kamajaya dan Kamaratih, Romeo dan Juliet, Rama dan Shinta atau entah siapa lagi, memang tidak pernah habis, dan selalu menarik bukan..?
Sekilas mungkin judul di atas  terdengar amat ” lebay ” , namun karena beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan yang sama dan harus  mengulang menjelaskan, maka pada kesempatan ini akan saya sampaikan sedikit penjelasan tentang kata ” sarang” yang berarti ‘cinta’ dan beberapa perubahan katanya. Pada kesempatan ini saya hanya menampilkan sedikit sajakata itu dan berharap semoga bermanfaat.
1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는
너를 사랑 하다 ( Naneun  neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
4.  사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까?  ( sarang hamnika ? )
Catatan :
a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca  ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
─> [m.n , m.?] / [m.m]
b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ):  tidak mampu mencintai
7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
8. 사랑 할 수없다( sarang  hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata  “사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ):  tidak mampu mencintai.
Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
10.사랑한다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang)  aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran  yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.
Beberapa kata tentang cinta :
사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
사랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni

Sebenarnya kalau dibahas lagi akan banyak, namun tentu bukan pembelajaran dan akan tambah bingung, maka sedikit ini saja, mudah-mudahan yang nulis tidak bingung begitu juga terlebih yang baca.

========================

KURSUS KOREA DI SURABAYA :

HUBUNGI : 085736822227 ( SMS/WA )

318 thoughts on “KAMUS CINTA DALAM BAHASA KOREA

  1. Kakaakin berkata:

    kirain jjak sarang, ternyata cheotsarang ya… 🙂
    Ijin kopas lagi 😀

    1. rhama kim berkata:

      gamsamnida ne … saya dapat perkataan baru

      1. PUTRIRSPA berkata:

        SARANG HAE

      2. nabila berkata:

        eh kmu liat nauktikis gk?

    2. resa ariatama berkata:

      Ea Tuch,,,
      kirain jjak serang,,,ech ternyata cheotsarang 🙂

      1. ardian berkata:

        nado saranghae

      2. dhini berkata:

        oooooooooooooo

    3. bembeng azza berkata:

      sarang ppajida,,,,,,,,,,,,

    4. soon eun joo berkata:

      joheun achimieyo…:)s

    5. fauzi berkata:

      saya inggin belazar bahasa korea boleeeh gack

    6. indah cwe sweet berkata:

      ( saranghae ) = ( i love you )

    7. dilloveron berkata:

      dangsin-eun cham jaemiiss-eo

    8. aleumdaunsonyeo berkata:

      짝사랑 = jjag sarang juga ada kok mbak..artinya kayak “bertepuk sebelah tangan”
      Kalo 첫사랑 = cheotsarang “cinta pertama”.
      Hehe..semoga membantu..
      고마워 ..

    9. tanara florencia berkata:

      Kalo : jeongmal bogosipne mani bogosipne ,
      Artinya apa ya? Bisa bantu,,?

  2. Kaka Akin berkata:

    Bekal untuk nonton k-drama nambah lagi 😉
    고마워요… 😀

    1. Renha Stewartcullen berkata:

      Nan Chuahe

  3. nuna berkata:

    yah akhirnya bahasan ttg cinta muncul jg. udah lama aq tunggu2 nih…pelajaran yg sgt menarik soalnya kata sarang byk bertebaran di film&lagu…oya kalo saranghargge apa tuh artinya?…gamsahamnida:)

    1. aleumdaunsonyeo berkata:

      Annyeonghaseyo..
      Saranghalgge klo gak salah artinya itu “aku akan mencintaimu” kak..
      Betul gak?

  4. aee berkata:

    saranghae ajosshi…
    ^^

  5. Rini Nie berkata:

    wow~ nice post.
    udah lama ga mampir kesini, hohoho
    selama ini yang aku tau cuma saranghae, saranghaeyo, saranghamnida doang…
    kamsahamnida ajjushi 🙂

    1. Aulia 354 berkata:

      Hmmmm,, sama aja kaya aku.. Ireumi Mwoyeyo ??? Joesong Hamnida, low aku ikut Comment…..

    2. lela berkata:

      aduiii bst nya blajar bsah korea ni

  6. julianusginting berkata:

    waduh….kurang ngerti neh.. 😀

  7. Zaa berkata:

    Misi, mau nanya. Kalo kata kata yg ada akhiran -jyo itu makna nya apa ya?
    Misalnya ‘ottokke ha-jyo’ ‘dorawa-jyo’ itu maknanya apa ya?
    Makasih^^

    1. tazkiana berkata:

      Mian haeyo baru balas…
      jyo (죠 ) adalah gabungan dari 지 +요, kata ini untuk menekankan atau dalam bentuk pertanyaan …bukan?
      eottok hajyo ? = bagaimana aku melakukan ? kalimat ini seperti menggambarkan bahwa telah berbuat banyak, namun maih belum sesuai keinginan.dalam kalimat bebasnya “harus bagaimana lagi “, sedangkan dalam ” dorawajyo ” itu mungkin “dorawajwo ” kembalilah. 주다 > 주세요..

      1. malam…aku jg ingin ikut belajar bahasa korea boleh g zzzzzzz

      2. Yoedhie berkata:

        ijin copas hyeong..?

  8. kok malah sarang-saangan gitu :D:D

    Tazkiana:
    Iya..makasih mas atas kunjunganya..

  9. mimie berkata:

    nambah ilmu lagi……

    1. jung hyun rin park berkata:

      uwh nmbah ilmu smwa ,, nyebelin ,

  10. master03 berkata:

    saranghaeyo,… ^_^

    1. adhi berkata:

      harigato gonseimas

  11. mimie/jiano berkata:

    sorry.i’m really2 sorry chin gu…….i wish if i could…….
    take good care aja……

    1. Henry berkata:

      yha!!
      ^_^,,

  12. nadya berkata:

    annyong haseo oppa………

    nice post…, nomu Joaheo

    pingin bgt bisa mahir bahasa korea, saya pernah belajar bahasa korea, tapi ga bisa 2 sampai sekarang, gimana sih supaya mudah belajar bahasa korea????

    kamsahamnida oppa……..

    1. ufhi berkata:

      neomu joahaeyo : sangat menyukai *kalo ga salah* :DD

  13. yukihoshi berkata:

    annyeong,, 🙂
    slm knal, oppa..
    snang sekali bs nemu blog ini.. hhe..
    m’netap d’korea ya,,?
    oh ya,
    kalo boleh, mw dong d’artiin ost. mr.goodbye yg jdulnya goodbye.. 🙂
    kamsahamnida..^^

    Tazkiana :
    Ne, annyeong haseyo..Salam kenal kembali
    bukan menetap, namun tinggal sementara..
    Mr goodbay yang anh jaewook…? bukannya itu dah lama..?

  14. Zaa berkata:

    Oh begitu, thanks
    Oya, mau nanya lagi, bearti makna partikel -jwo itu apa? Kayak ‘dorawajwo’ ama ‘dagawajwo’
    Sama makna partikel -bwa kayak ‘malhaebwa’ ‘narabwa’ dll, itu maknanya apa ya? *maaf kebanyakan tanya* hehehe makasih^^

    Tazkiana :
    jwo adalah bentuk biasa dari juseyo, bentuk permohonan. dorawajweo = kembalilah, dagawajwo = mendekatlah.Bwa adalah mengandung pengertian ” coba…” .malhaebwa = coba katakan dsb..

  15. yukihoshi berkata:

    iya bnr sekali, oppa..
    mmg filmnya sdh lama, tp bru” ini d’putar kmbli d’indosiar dan saya sgt suka dg ost.nya.. 🙂

  16. Mila berkata:

    Lam kenal. . Mau tanya ni artina ap ea . . Chun hua wen an banghaeDA . .SBLumnya makasiH

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali…
    kurang jelas, namun saya coba artinya yang terdekat : Mengapa telponnya tidak di terima ( di angkat ) ?
    maaf kalau tidak tepat, sebab tidak dari hangeulnya

    1. sasa berkata:

      sarang ppjide……… jatuh cinta

      1. diaz berkata:

        iuuhh … gwe kg ngartii

  17. Mila berkata:

    Kl bgtU mkash bgt . . . Hehe mau nanya lg bleh ya? Kl bhasa korea nya . . Semoga menang d ptandingan. . T apa ya n st lg bhasa koreanya semoga di terima di sekolah . . T bhasa koreanya apa. . Sbelumnya mkasiH

  18. frankie berkata:

    artinya monfimafi apa ya?

    Tazkiana :
    saya kok kurang jelas dengan kata ini, karena bahasa korea tidak menggunakan kata berbasik huruf F.

  19. ayako choi si-won berkata:

    annyeong oppa….

    met kenal ^_^

    나는 당신을 순전히 좋아한다

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya, salam kenal kembali

  20. fuu_imnida berkata:

    adhjussi, annyeong haseyo 🙂
    aku org baru nih, salam kenal..

    aku minta gambarnya dicopy yg kata sarang..
    gomapseumnida..

    aku jg mau nanya, gmn yak caranya nulis hangul di laptop?
    mohon bantuannya adhjussi..
    aku lagi kena korean fever ^^

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali
    iya silahkan.. dan untuk penjelasan cara menulis hangeul di laptop bisa di download di halaman ‘DOWNLOAD ‘
    Makasih

    1. alwaysfuu berkata:

      gamsahamnida adhjussi ^^

  21. budak omel.. berkata:

    thankss bcase dah ajar b.korea…

  22. sumy berkata:

    mkassih y…jd nmbah ilmu tntang bahasa korea nya..aQ ingn bgt bisa brbhsa korea yang baik dan benar wlau di sekolah aQ ga ada pelajaran korea nya.Tapi akhir nya bisa belajar dari sini mksh bgt y jd tw cra ngungkapin cinta pke b.korea.

    Tazkiana :
    makasih kembali….
    senang atas kunjunganya

  23. venna mustany berkata:

    haaaa…
    aq ngak mengerti….??

  24. venna mustany berkata:

    aq mau belajar bhs korea tp susah bgt..
    prnh ikut sih tp pljrnx ngak nyampe2 ke otak…..
    pdhl aq sk bgt ama bhs korea…

    Tazkiana :
    Makasih atas kunjungannya Venny… semangat terus ya..

  25. ryryn berkata:

    mau nanya arti dr kata ini apa??

    ”sarang heyo nanun tangshinul sarang hamnida”

  26. via berkata:

    makasih’y udah ngajarin bahasa korea

    Tazkiana :
    Makasih kembali dan senang telah berkunjung

  27. uwie berkata:

    ^_^ jadi ngerti low denger lagu korea…………. gomawoyo^_^

  28. Tary Sonora berkata:

    hayy…
    saya tertarik banget belajar bahasa korea. sayangnya ditempat saya tinggal susah nyari tempat kursus. di blog ini sepertinya banyak hal tentang korea. mohon pencerahannya.

    Tazkiana :
    Terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal
    belajar online sebenarnya banyak membantu. sukses selalu

    1. Tary Sonora berkata:

      oya, izin tukeran link ya. saya tancep duluan. tq

      Tazkiana :
      OK , boleh.. makasih kembali

  29. Del Vi berkata:

    wah..
    kurang ngerti nie..
    kalo mau buat kalimatnya rasanya susah banget..

    1. choiseunghyun berkata:

      bego kau kurang ngerti gue tau nih ye:
      사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다 사랑은 모든 것을 치유합니다

  30. shin min jung berkata:

    annyeonghaseo…. unnie
    salam kenal ya….
    aku seneng banget bisa belajar bahasa korea di sini….
    oh ya ka’ aku mau nanya dong
    kalau bahasa indonya : maldo,eobseo,naege,sama geoul….
    itu apaan sih,,,,,,soalnya tu kata katanya sering banget ada dilagu
    mohon bantuannya ya ka…sbelumnya gomao..unnie

    1. patricia berkata:

      itu di lagunya a.n.jell yh ??

  31. park shin hye berkata:

    mw nny nih artiya saranghae oppa ap iiah? sama gomao.. unnie ?

    Tazkiana :
    saranghae oppa artinya aku cinta kamu mas..
    gomaweo eonni = makasih mbak

  32. mimi berkata:

    ahjussi, mau nanya…
    kalo di lagu aku sering denger kata sarang hago shipo, itu artinya apa ya?
    setau aku shipo tu artinya ingin, bener ga si?
    makasi

    Tazkiana :
    V+ go shipeo = ingin …..
    betul sekali begitu..

  33. mimi berkata:

    oh gitu, maksih atas jawabannya. mau nanya lagi, kalo saranghanika artinya apa? sama kalo di lagu2 sering denger kata geunyang (maaf ga tau tulisan benernya), tu artinya apa ya?
    ahjussi yang bener tulisannya ajusshi ya?

    1. Kim Yesung berkata:

      chingu , aku coba bantu jawab ne ^^

      “saranghanikka” = aku hanya mencintaimu
      “geunyang” = hanya

      mianhae kalo kurang tepat jawaban aku ..
      *bow*

  34. dewi berkata:

    annyeonghaseyo ahjussi…
    ahjussi, aq juga punya blog tapi postingannya baru sedikit…
    kebanyakan yang aq bahas tentang drama korea…

    blognya ahjussi keren banget, aq akan sering mampir kesini dech…
    kamsahamnida ahjussi… 🙂

    Tazkiana :
    Oh iya … bagus Dewi…semangat menulis juga ya….
    terima kasih atas kunjungannya

    1. eNh@l berkata:

      boleh ikutan gk…??

  35. patricia berkata:

    hmmmbb , cintaa korea bgd ,,
    terima kasih tazkiana , web ini sangat membantu 🙂

  36. iren berkata:

    i love korea

  37. Della berkata:

    hallo. mw nny niyh. klw bhsa korea na “selalu lakukan yang terbaik” ap yh? n ” dan memulai dengan senyuman” . Tq yh :DD

    1. andhi ajjh berkata:

      masa cie

  38. irhene berkata:

    salam nih ahjussi, saya udah bisa baca tulisan hangulnya nih. tapi saya masih belum bisa tau artinya. mohon bantuannya donk ahjussi.
    gamsahamnida..^^

  39. bhs.korea memng sush tapi aph bolh buat kita hruz bljr supaya bisa hehehehe……..
    🙂

  40. irfan berkata:

    salam kenal….kl boleh tanya sarang hamnida oppa tu artinya apa ya?apa benar saya mencintainya abg….berarti abg tu org ke 3 ya?brati seperti curhat ya…maksudnya dy mengatakan pada abgnya kl dy mencintai org lain?

  41. via berkata:

    anyo aseo………..
    moe nanya nic sarang hamida,nal bugo unneyo,jo usumul tashin,nae mami, jushimhamyo. toe pa ya artinya, tlong ksh tw donk. coalx qu suka bgt bhs korea

    Tazkiana :
    ne, annyeong haseyo…
    sarang hamnida = aku mencintaimu , nae maeumi = hatiku , josim haseyo=hati2.

  42. Zuliean berkata:

    ” KereNzZ bAngEeeTttttt……..”
    saLam keNaL…

    Tazkiana :
    Salam kenal kembali, makasih atas kunjungannya

  43. bunga berkata:

    asswrwb…
    annyeong haseyo, songsaenim..

    alhamdulillah, hari ini dapat beberapa jawaban atas pertanyaan yg berputar di benak saya ttg kata2 terkait “sarang”… spt yg bpk urai di atas…, ^_^, namun masih ada beberapa pertanyaan yg tersisa, mohon bantuan penjelasan bpk (terkait asal pola pembentukan kata) atas beberapa kata berikut ini :

    “saranga”
    “saranghaetdeon”
    “saranginga”
    “saranghandan”

    demikian, maaf kalo kebanyakan nanya ya pak…

    gamsahamnida

  44. cici berkata:

    Merasa sangat beruntung menemukan blog ini ^_^

  45. Nhazia berkata:

    ass,, aku senang sekali lagu lagu korea,, jadi aku mau mempelajari bahasa korea ,,,,, amiinnn mudah mudahann ….

    doakan saya ya,,

  46. novita berkata:

    Pa,sy sedang menulis novel yg latar tmpatny d korea
    Sy mau brtanya,kalo dr hanyang university ke jembatan sungai Han it dekat atau jauh ya?
    Trims sbelumny.
    Salam sy buat Jang Geun Suk dsana 🙂

  47. huzna berkata:

    Beruntung sekaly nemuin situs ini, udh lama aq pngen bljar bhsa korea..
    salm kenal,

  48. ayu berkata:

    ada yg prng ngirim ini k gw kr2 ap ya artinya klo tnyata ad yg salah tolong diperiksa,,,
    sarang harahan bondo sangtcho batchi aneun got chorom

  49. inayah berkata:

    i like this so much coz sarang korean language hehe

  50. Time berkata:

    Anhyeong haseyo oppa…

    Aq trtarik pelajri bhs k0rea tp aq g tw mw blajr smpa spa..
    Tp skrg aq tmbah semngat…
    gamsahamnida oppa..
    Sarang hae oppa..
    🙂

  51. andhi ajjh berkata:

    masa

  52. recha berkata:

    ajrin aq bhsa korea dong….hbs dah mmbra2 ni dr dlm hti pgen bsa….brthu informsi yg lbh bnyk lg y ttg bhsa korea
    Gamsahamnida

  53. ya dipikir2 agak gampang bhs korea dr pada bhsa india,,,,,,,,,
    walau ax gak tau tulisan A dlm bhsa korea tp q dh tau klau cinta bhs koreanya SARANG

  54. iian berkata:

    pantesann. si pacar panggil sarang 😀 kirain ngejek :p

    Tazkiana :
    sippp 😀

    1. naslan lanz berkata:

      keren…

  55. gimna sich cra nulis tulisan Korea di dlem komputer tuw ….

  56. anindya berkata:

    gamsahamnida sunbaenim. aigoooo how lucky I ambecause I’ve found your blog! 😀
    Tazkiana :
    ne, cheonmaneyo..
    thank 4 Ur visiting…

  57. InggiChay berkata:

    nice, ni paling banyak dicari2 alx ga ada matix bicara tentang ‘sarang’ [asal bukan sarang semut ma tawon ^^]…….aq masih baru belajar bahasa korea nih, jd mohon bantuanx…Kamsahamnida Sunbae 😉

    Tazkiana :
    iya.. makasih..Inggi
    boleh..kita bisa belajar bersama

  58. sano berkata:

    hhm… muzukashi i ne.. hanguk mal..
    nihonggo yori hatsuon ga motto muzukashi..
    ga, ka touka.. ta,da touka…
    demo boku ga sonna akiramenai..

    kankoku go benkyou shitai desu,..

    내가 똑똑해지고 싶은 배우게됩니다 …

  59. agues berkata:

    hhhhhhhhlan lanjutkannnnnnnnnnnnnnnnn,,,,

    Tazkiana :
    thank U…

  60. agues berkata:

    salam kenalll,,,lantjutkan

  61. Tze Rha berkata:

    gamsahamnida.., oppa…
    nice n sweet blog..keep it up..oppa 🙂

  62. nurul berkata:

    hmm susah jg,kalau saranghamnida + geudae + yeongwonhi + cheoreom + kkajina tuh apa yah artinya ?…

  63. annyonghaseyo aljeossi tazkiana..
    maw nanya bahasa koreanya …aku baik- baik saja ???
    gomapsumnidha aljeossi,,,
    mianhamnidha klo tulisanx masih rancuh 🙂

    Tazkiana :
    ” nan gwenchaneul geoya “

  64. azura berkata:

    ahjussi apa artinya..
    Aq sering bgt dgr difilm2 korea..
    Maklum ga ngerti sama sekali bhsa korea..
    Maklum ga ngerti sama sekali bhsa korea..

    1. mhiy berkata:

      ahjussi itu paman.. 🙂

    2. Arnyshina berkata:

      ahjussi bisa diartikan paman

  65. Vicky berkata:

    anyyeong Haseyo, Jonen vicky Imnida, 🙂

    Di Indonesia, tempat Les Bhasa Korea dmna ya?, Terus bagaimana sih Cara menyusun HANGEL??..
    Saya bsa sdikit, tapi bngung Menyusunnya/Menjadikan sbua kalimat yang Benar, Mohon Infonya, kalau bisa buka Group di FB/Buka Tempat Les..

    Gamsahamnida Ahjeossi..
    😀

    Ne annyeong haseyo..
    salam kenal Vicku ssi
    udah jadi teman FB kan..?
    di Fb aku sering buat status pakai bhs Korea….|nah kita bisa latihan dari sana

  66. gamsahamnida.. 🙂
    berkat in jd smkin bnyak kosakata yg saya dapatkan…

    1. anan berkata:

      gua itu asli org korea adek nya donghae lg waw anan keren gua jdi nge fanzzzzzz

    2. annisa chibi berkata:

      gua tuh nge fanzzzzz bgt ama anan gw jdi pgn jdi pacarnya nihc

  67. Jayden Santos berkata:

    aishiteru….:)

    bahasa yg menarik……..hehe~

    1. anan berkata:

      belajar aja sma anan dia kan org korea

  68. evin berkata:

    ak sngt brtrima ksh krna aku dpt ilmu dri sne.

  69. tika berkata:

    ne, annyeong haseyo
    gomapseumnida krn sdh bntu aq jd tau sdkt tntg bhs korea soalx aq sgt tergila2 ama korea sebelumx sya ingin blg terima kasih ….. oki doki

  70. tika berkata:

    yeoboseyo!!!!!!!!!!!!!!!………….. annyeong hasyo????????????????
    aq mau nax lg dong klu aku benci kamu arti i2 apa ya??????????
    gasahamnida………….

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo
    ” nanneun neoreul miweohae”

  71. Poetri berkata:

    Kakak yg terhormat mohon bantuannya..ajarin saya bahasa korea..soalnya saya suka banget ma drama korea plus lagu2nya.Dan saya kepengen tau artinya..

  72. kiNan berkata:

    annyeong haseyo ajushiii…

    minta bantuannya untuk menterjemahkan dalam bacaan bahasa indonesia tulisan korea ini…너를 사랑해도 되게냐 … dan bagaimana cara membacanyaa dalam bahasa Korea…
    gamsahamidaa.. ^__^

    Tazkiana :
    너를 사랑해도 되게냐 ..( neoreul saranghaedo doegenya ..) = boleh mencintaimu

  73. danipane berkata:

    annyeong haseyo, songsaenim..

    senang bisa belajar..:)

    Tazkiana :
    ne annyeong haseyo…
    makasih atas kunjungannya

  74. bagoes prayoga berkata:

    hAyeoNg aSeO cEmua….

  75. saiful berkata:

    slamt pagi !!
    aku pemula dlam blajar bhasa korea !!

    nah untuk pemula hal” apa sja yang hrus d ketahui !!!
    dan apa apa sja praturan dlam pnulisan bhsa korea !!!

    gamsahamnida !!!!

  76. JL0 jIhe-hin berkata:

    Krna Bhasa Korea INi saya Rsa IndaH sngat Tpi kalau bagi saya Lah Kalau naK tahu tentanG bahsa Nya slanjutnya macam mana Yer??saya nak tahu lah

  77. Anwar berkata:

    Panggilan syk utk pacar kita dalam bhasa korea ap ya?

    Kalau indonesia kn biasa.a ynk, beb, dll

    Terimakasih

    1. Kim Yesung berkata:

      maaf aku yang jawab ,, biasanya orang korea pakai panggilan “chagi / chagi~ah” atau bisa juga “yeobbo”

  78. inna berkata:

    aq mw nanya bahasa koreanya

    1. buka hatimu
    2. mau dibawa kemana
    3. ku ingin setia
    4. pemilik hati
    5. mabuk cinta

    itu apa?
    trims..

  79. Wulan Khaerunisa berkata:

    terima kasih yuptz atas infonya tambah satu lagi deh ilmu tentang bahasa korea…….^-^

  80. I'am PRIMADONNA FTI berkata:

    annyeong haseo, putri imnida…
    nmpang tnya, b.koreanya ‘apakah kau menyukaiku?’…
    apa y klo diubh k bhsa korea?

    gamsahamnida ^-^

  81. Cici Eci berkata:

    sarangheyo artis korea,love me?

  82. Roro cantiika berkata:

    He he

  83. amiin berkata:

    anyoenghaseooo…
    lam knal ya aku suka bhsa korea…
    aku mau nanya… kalo bahasa koreanya tidsk sibuk ap ya…
    mkshhh

  84. amiin berkata:

    anyoenghaseo…chai chun ne…

  85. nia berkata:

    gmna y carax belajar bhasa korea?

  86. jimybligo berkata:

    yeoboseyo,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?q mo gabung jg ya mas bleh gak? gamsahamnida,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?

    1. minie berkata:

      Aszik aku bisa meogerti sarang haneun juga

  87. kakakakakak berkata:

    emm aku mau tanya kalau kata ‘eobseo’ itu artinya apa hyung? *Boleh panggil hyung kan?*

    1. aleumdaunsonyeo berkata:

      Annyeong…he
      Mau bantu aj..’eobseo’ itu artinya ‘tidak ada’,,

  88. Elisa Riani H berkata:

    Trimakasih atas info x………………………………..

  89. annyeong-heseyo……..bbyk lgi yg prlu ku plajri…

  90. zahro anieza berkata:

    ka’ q pgen bget k korea pgen ktmu kakak

  91. Marzz berkata:

    Mau nanya ! sarang haeyo
    Bahasa indonesiany apa

    Tazkiana :
    “aku mencintaimu “

  92. eiy berkata:

    Salam kenal..
    minta izin copy foto “sarang” na yach…
    thks..

  93. indah berkata:

    ea sok ajj we 🙂

  94. annyeong haseyo..oppa..!! 😀

  95. faisal effendi berkata:

    gimana cara dapat naskah kamus korea???kami dari penerbit

    Tazkiana :
    maksudnya anda ingin menerbitkan kamus Korea begitu?
    saya pikir sebaiknya dikonsep beda dengan yang ada, artinya saling melengkapi. semoga sukses

  96. steven berkata:

    Ta nomo nomo nomo coa….. apa artinya yah????

    1. Kim Yesung berkata:

      mungkin maksudnya “nan neomu neomu neomu tjoha”
      artinya “aku sangat sangat sangat suka”

  97. soozey berkata:

    belajar bahasa korea susah juga

  98. soozey berkata:

    susah juga belajar korea

    1. atak aja dech berkata:

      aq belajarin donk

  99. ladyliyn berkata:

    Anhyeong haseyo oppa…
    salam kenal 🙂

  100. Arif ungu berkata:

    Bahasa koreanya kau sahabat terbaikku apa cieh aq g tw

  101. debby berkata:

    Annyeong opa 🙂

  102. Dwi berkata:

    duh,,duh,, q kasihan ma dri q cendiri knp q, gk bsa b.korea,
    tpi q akn blng ma kim hyun jong {SS501} sarang hae atau sarang hamida.
    q mau nanya klo yg banyak di gunakan dikorea kata pa ya?

  103. victor berkata:

    yooooo goot……….

  104. Kim LiaNa beOm berkata:

    Mo nanya klo bhsa korea’a ‘aku mencintai a dan b’ pa ya???
    (a,b misal’a nama org)

    1. Mofie berkata:

      annyeong haseo oppa…
      aq mw tanya bahasa koreanya mengapa kau menyakiti hatiku apa ya?
      sama salahkah aq mencintaimu…xixixi
      gamsahamnida oppa..^_^

  105. atak aja dech berkata:

    mr.simple

  106. Agung Kangen Dia berkata:

    aku sayang kamu cut nur intan ,
    dan aku juga cinta banget sama kamu

  107. Herni berkata:

    Oppa thanks ia pembalajarannya..
    Kalo aku merindukan kamu bhasa koreanya ava?
    Gamsahamnida oppa

    Tazkiana :
    aku merindukan kamu = “naneun naeoreul bogo shipeoyo”
    ne cheonmaneyo..

  108. Park hye wook berkata:

    Annyonghaseyo..! ^^
    Jonen Park hye imnida ..
    I am very Glad can meet

  109. Makruf AL Ridho berkata:

    Why Always Me

  110. coba blajar bhasa korea ach 😉
    cpha tau MYCEOSSARANG mmblaz na!!
    heyeye!!

  111. nadia potter radcliffe berkata:

    alhamdulillah ya…..
    sesuatu banget ada link ini….
    aku bisa belajar bahasa korea….
    maksih yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……

  112. wardah berkata:

    naneun neoreul sarang hada !!!! 🙂

  113. Renha Stewartcullen berkata:

    Nan cuahe

  114. Rezqien berkata:

    ,,bgus juga.
    Tambah lagi donk.Kosa katanya,,

  115. yoga berkata:

    anyeong …

  116. dian berkata:

    postingan ny kerenn.. bner” ngejwab prtnyaanku. ehh, tp yg “neundagoyo” itu sma dgan pardon me tdk?

  117. muhammad rifqi rezpector berkata:

    meras bruntung menemukan blog ini :))))

  118. anyeong,, mo nanya “neundagoyo” itu sma dgan “pardon me?’???

    Tazkiana :
    itu sebuah partikel yang terkait dengan verb sebelumnya

    1. hum,, getu ya..khamsahamnida 🙂 mo nanya skli lgi,,(ga tawu mo manggil apa) ,, ada tdk postingan blognya, yg ngebahas bhs korea aku, kamu, atau macam sapaan ..??

  119. Chelloy berkata:

    mau tanya donk, kak kalo panggilan sayang di korea apa yaa??? yang untuk pacar gitu… makasih…

    1. Kim Yesung berkata:

      “chagi” atau “yeobbo”

  120. RYCHA RETURN berkata:

    LIKE 2 . .
    TP SUSAH JG YH. .

  121. RYCHA RETURN berkata:

    susah jg yh.

  122. asira berkata:

    sarang hamidah

  123. septi yusuf berkata:

    naega dangsin cheot nune sarange ppajida

  124. annyeong haseyo..
    mau tanya bahasa koreanya Masih bertahan mencintaimu apa ??
    gamsahamnida

  125. Lola amelia berkata:

    Yapz,gomawo ya.Kalau gx ad situs ini.Bisa kena marah aq ma kak Mickyu……………

  126. CloudsRyeosomnia berkata:

    Gomawo eonni…. ^_^

  127. gw pengen pinter bhs korea gmn y??

  128. Lisnawati anwar berkata:

    Pntr ugha bhs korea.nya ajarin cara tls. Dan bacan.ya dongk.

  129. eLfishyDon_nha berkata:

    ajusshi,, mhon bimbinganx yachh…

    gamsahamnida….

  130. Bagus Nie kk jadi kita nambah wawasan

  131. vozhora berkata:

    aduhh ..aku suka bnget b.korea ,,,dan aku pngen blajar b.ini

  132. yuhan d'jutekzz berkata:

    mantap bhza korea

  133. sandy berkata:

    Annyeong-haseyo. Mannaseo ban-gapsseumnida.
    gwihaui jeongbo jusyeoseo gamsahabnida 🙂

  134. yanie berkata:

    oppa HEECHUL saranghae, imal hatjima ..
    🙂 ..;P

  135. dithaa berkata:

    gag ngerti dech 🙁

  136. gleotiffanny berkata:

    anyeong…
    jeuneon gleo imnida…

  137. Chacha_Love berkata:

    Saya tambah kan lagi 😀

    1. Ch’ônnun = pandangan pertama
    2. Ch’ôssarang = cinta pertama
    3. Kalsaek = coklat
    4. Sarang = Cinta
    5. Nae Yoja Chin-gu Ga Dwae-O Jullae = Maukah kau jadi pacarku?
    6. Nôl kûriwohal gôya = Aku akan merindukanmu
    7. Nôrûl hangsang saranghal gôya = Aku akan selalu mencintaimu
    8. Nôl yôljunghanda = aku tergila-gila padamu
    9. Nôl saranghanda = aku cinta padamu
    10. Nôl saranghædo doeni? = bolehkah aku mencintaimu?
    11. Dô mani saranghæ = cintai aku lebih banyak
    12. Nôl joahajiman saranghaji ana = aku suka padamu, tapi aku tak mencintaimu lagi
    13. Nôl saranghæssô = aku cinta padamu (dulu).(lampau)
    14. Saranghada = mencintai (sangat)
    15. Chohada = suka
    16. Cho-a ha-da = menyukai
    17. Yônae = asmara
    18. Saranghanun = kekasih
    19. Sarang-su-rop-ge = sayang
    20. Sarang hae (yo) = Aku mencintaimu(tambahan yo = lebih sopan dan penuh penekanan)

    part ii
    1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
    2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는
    너를 사랑 하다 ( Naneun neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
    3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
    4. 사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까? ( sarang hamnika ? )
    Catatan :
    a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
    ─> [m.n , m.?] / [m.m]
    b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
    5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
    6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai
    7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
    8. 사랑 할 수없다( sarang hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata ”사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai.
    Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
    9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
    10.사랑한 다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang) aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.
    Beberapa kata tentang cinta :
    사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
    사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
    첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
    사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
    눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
    깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
    사 랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
    사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
    순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni

  138. Nagato adi Irosima berkata:

    sarang haneun Tazkiana Hanna Me .. . . ..

  139. jo young min berkata:

    yojeum eotteoseo ………………buat seluruh dunia

  140. revina berkata:

    minta kamus dari a-z donk bahasa korea + abc dll nya please!!!!!

  141. galis berkata:

    mw tanya..klo ini artinya apa ya? thanks sblmx 🙂
    Komawo, na do sarangheo. Han Guk mare otohke arayo.chongmal manhi bogosipo nega.

  142. Rully berkata:

    Bgus bhasanya

  143. Rully berkata:

    Dimana ada les bahasa korea .di kota jogja

  144. agung 시팔 berkata:

    Kalaw bikin kalimat ” aku bertanya pada bintang ketika ia padam arti hidup yang
    kita jalani” …
    Tolong d bantu alur pmbuatan kalimat kiasan.

  145. yogi berkata:

    jigeumeun,nae maem ken yang ambudu eopsseoyo,, sarangeun saramyeo chalde sara bogo sippeo

    Artinya apa ya???

  146. wahab berkata:

    saranghe kore
    Like N Love u Korea

  147. justin bieber berkata:

    saranghae kyuhyun…<3<3<3

  148. Ana berkata:

    I like it

  149. salma fauziah k berkata:

    anyeonghaseo??
    mau tanya kalau “masih mencintaimu namun akan berusaha melupakanmu”apa bhs koreanya?
    gomawo

  150. VIRDA NURHALIZA HERIANTO berkata:

    aku mau banget bisa bebahasa korea

  151. yumaayu berkata:

    annyeong haseyo ajushi ,

    boleh minta tolong ,?? boleh aja dehh 🙂 😀
    “maaf saya mencintaimu” kalo di translet ke bhs korea gmna yak ?

    kamsahamnida ^^..

  152. Riiea berkata:

    Eonni/oppa 🙁 aku belum terlalu ngerti sama penulisan hangul + pembacaan bahasa korea yg jd kalimat 🙁 ajarin yahhhhhh.. aku mohon eonni..

  153. Lani berkata:

    Susah nggak sih, belajar bahasa korea?

  154. ASHWIN 1903 berkata:

    annyong haseo , , ,
    otoke jiesemnika ?? jal jinasOyo ?
    wah sebentar lagi saya mau tes tki ke korea nih tolong bantuanya , , semoga saya dapat lulus , amien ! dan kira pertanyaan dari tes itu contohnya apa saja ya mas
    ? tolong bantuanya , ,
    kamsahamnida

  155. 사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
    사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
    첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
    사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
    눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
    깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
    사랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
    사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
    순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni
    Sebenarnya kalau dibahas lagi akan banyak, namun tentu bukan pembelajaran dan akan tambah bingung, maka sedikit ini saja, mudah-mudahan yang nulis tidak bingung begitu juga terlebih yang baca.

  156. yoda berkata:

    aku suka bahasa korea

  157. aisyah nadilla cahuyah ningrum berkata:

    waw

  158. aisyah nadilla cahuyah ningrum berkata:

    keren bangett , bahasa koreanya . jadi terkagum

  159. ainieun hyuk berkata:

    aku suka bahasa korea

    1. Sis Chris berkata:

      lgu k0rea???

  160. Rima Handayani berkata:

    kalau bahasa korea (maaf saya tidak bisa menerima cintamu karena saya sudah mencintai orang lain) tolong dijawab

  161. Sis Chris berkata:

    huhuhuhux………………bezt giler……..l0ve k0rea………

  162. vivi berkata:

    makasih atas kmus percintaannya

  163. Mas Adhie berkata:

    Wah.. ini yang lagi ngetrend ngetrend nya gan…
    Pantesan sering dengerin kata ” sarang haeyo ” ternyata itu tah artinya 🙂
    Nice Post gan….

    1. cintyacu berkata:

      vi ini gw cintya emang bener lo vilencya angela yang sekolah di sbm kelas…….

  164. Jujupupu berkata:

    sarang~Burung walet..

  165. Bhiee berkata:

    Wahh tambah Ilmu ini 🙂
    makasih sudah mw Share ^^

  166. cintyacu berkata:

    sousuit saranghai hitz korean

  167. joe berkata:

    annyeong haseyo
    klo sarangsurobgi artinya apa ya om/pak?

  168. boleh tanya gak..?
    klo ‘girl’ dalam penulisan korea gimana ya…?
    bukan artinya. klo artinya aku sudah tahu
    mianhae klo nanya diluar tema. penting banget

    Gomawo~

  169. ayesa berkata:

    bissa kepake
    gomawo 🙂

  170. vicky zulfikar berkata:

    artinya apa yaa ? mohon bantuaan 😀

    Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeo ngeol eodiseo channi ?
    neo gatchi joheun saram
    neo gatchi joheun ma eum
    neo gatchi joheun seon mul
    neomu dahaeng iya aesseo
    eonjena gamsahae
    nandedo neon eonjena nun bushyae saranghandan neoui mare you’re so fire
    neo gateun saram isseulka . nageneun ojik neoppun irangeol babo gateunna egeneun

    1. Kim Yesung berkata:

      itu kan lagu No Other – nya Super Junior (=_=”)

  171. dya claire vangelion berkata:

    aku pengen banget bisa bahasa korea, tp dasarnya aja aku lum tau… giman dong caranya…

    Tazkiana :
    belajar baca tulis huruf Korea ( hangeul ), udah bisa kah?

  172. Della cutez abizz berkata:

    aqhou pengen bisa bahasa korea dan bisa nulis tulisan korea gimana caranya…….??????

  173. lia berkata:

    Ajarin bhasa Korea donk….pengen bnget nihc…

  174. Ari susilawati berkata:

    Naneun neoreul saranghada{njr}^,^

  175. Ari susilawati berkata:

    Q always SaRANG hamNIDa,.^_^

  176. martien gaul berkata:

    SARANG CIUM PA
    ARTINYA ( )

  177. Kim Yesung berkata:

    annyeongasseo oppa .
    joneun Kim imnidda ..
    gamsha hamnida atas materi bakornya ^^
    aku juga minta maaf kalo udah lancang jawab pertanyaan dari pengunjung blog ini .
    kita belajar sama-sama ya oppa ^_^

    oppa, add FB aku ne : akatsuki_gals@yahoo.com

    gamsha hamnida
    *bow*

  178. verracar berkata:

    dangsin-ege sileul gamsa

  179. Cantika berkata:

    Aku pingin sekali bahasa Korea .,?! Tapi susah aku cman bisa bhasa Arab dan indo.,?!’

    1. Cantika berkata:

      Tenang aja aku ajarin bahasa Korea Cantika

  180. widyaanie397 berkata:

    gomawo sangat membantu saya ingin belajar bahasa korea lebih fasihh

  181. dyayty berkata:

    dayu420에서 이 항목을 퍼감댓글:
    bloknya bgus:)

  182. marsanuraini berkata:

    sarang

  183. enike berkata:

    sngat membatu skali

  184. anggun berkata:

    pengen bisa bahasa korea

  185. Kim Jae Park berkata:

    Annyeong, chingu klo bhsa Koreanya “Teman terbaik” apa yah?
    Jebal 🙂 Gamsahamnida ^^

    Tazkiana :
    bisa pakai ” kajang joheun chingu “

  186. eghy berkata:

    Mohon ijin COpas yaa….

    Tazkiana :
    iya.. silahkan

  187. Septi berkata:

    Kau adalah kakak kesayanganku jika di terjemahkan ke bahasa korea menjadi apa ya?

    Tazkiana :
    Dangsineun kajang sarang haneun eoppayeyo

  188. fatiasayangreza berkata:

    aq jdi tergila2 sma korea
    I LOVE U,,,,,,korea

  189. winda berkata:

    hangsang deroso coayo artinya apa ini,tolong dibantu y…..

  190. anita berkata:

    saranghae donghae

  191. Shatia berkata:

    Keren,,,,,

  192. park soo neul berkata:

    jeonun,ireumi park soo neul mwoyeyo

  193. Aqi rahendra berkata:

    Wah wah annyeong.. Ini yg di cari ni! Mau numpang nanya gan
    “Aku kangen kamu kakak(perempuan)” bahasa korea nya apa yaa?
    Tolongin yaa, soalnya cewe gebetan gue lebih tua dari gue trus maniak korea jga.ntar kalo gue pake bahasa korea Biar dia ngerasa gue cowo korea yg kesasar di indo wakakakak 😀
    Mohon bantuan nyaa gan please

    Tazkiana :
    ” Nuna.. nan neoreul bogoshipeoyo ”

  194. Fittri theredevil'z surga Allam berkata:

    Nenun neoreul sarang hada

  195. Nur@tikah berkata:

    Annyeong haseyo..
    Mian oppa..
    Nanho djowae artinya apa..??mian kalau slah tulis…blum lancar

  196. ratih berkata:

    gamsahamnida chingu

  197. Nur anwar berkata:

    Bahasa korea Rumit maz, .

  198. agus tri semedi berkata:

    butuh jurubahasa korea hubungi saya 0858-7135-8888 saya adalah interpreter bahasa korea yang sudah berpengalaman dalam mendampingi orang-orang korea yang berbisnis di indonesia, atau orang-orang indonesia yang ada keperluan bisnis di korea .. please call me

  199. agus tri semedi berkata:

    just call me 0858-7135-8888 saya seorang interpreter bahasa korea yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam jurubahasa business,saya menguasai bahasa detail korea high level speaking, dengan pembicraan hukum,tehnik,pemasangan mesin, perdaganagn,kepemerintahan,iT computer,presentasi business, training-training diperusahaan, market survey, tambang dan lain-lain.silahkan bagi yang butuh translator / jubir untuk acara penting diperusahaan anda.. kamsa hamnida

    1. tazkiana berkata:

      Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.
      Pisisi mas Agus Tri di mana?

  200. syrif berkata:

    punya pacar orang korea harus belajar bahasa korea nich

    1. liana berkata:

      engga juga , harus bisa bahasa inggris juga bisa

  201. yuli kurniawati berkata:

    kalo ini artinya apa y?
    sarangeun modeun geoseul chiyu
    bi ounen narun usani dwejulkke
    gottaga jichil ttaen jagun uijado
    dwejulkke
    makasih bnyk y….

  202. Sesilia berkata:

    Apa bahasa Korea ya : ”Aku Kangen kamu”

  203. zumra aulia berkata:

    ™ :O :O :O
    :O :O
    :O :O
    :O :O
    :O :O :O Õoooº°˚ ˚°º….:)

  204. Reni berkata:

    kerennn, dapat kata baru.:)
    boleh bantu mengartikan ini tidak?
    dangsin ui dwie gyesog haeyo geu mal-uelhaji anhneunda geugeos-uen naege sangcheo.

  205. Reni berkata:

    keren, dapat kata baru.
    boleh bantu mengartikan ini tidak? dangsin ui dwie gyesog haeyo geu mal-uelhaji anhneunda geugeos-uen naege sangcheo.

  206. latipasarangali lipeu berkata:

    kamsa hamnida oppa
    blog ini sangat membantu saya
    dalam belajar b. korea
    kä3sã hämñïdä

  207. syifa jumpinboa berkata:

    thank you so much…..

  208. latifah_sarang_alif berkata:

    thank’s buat blog.a Ahjussi…….
    CONGMAL……

    GOMAWO……

  209. Marlina okta viani berkata:

    Aku sukah banget bahasa korea ….?

  210. SAIDATUL NABILAH berkata:

    SAYA SUKA KOREA TERIMA KASIH

  211. tanara florencia berkata:

    Kalau arti dari kata ini apa ya, bisa bantu : jeongmal bogosipne mani bogosipne

    Makasih sblmnya,, ^^

  212. junaediwidjojo berkata:

    you are my destiny.. geudae

  213. liana berkata:

    아름 다운 대한민국을 사랑 하는 단어의
    GUMAWO , INDONESIA = MAKASIH

  214. inayah berkata:

    Mau tau dong klu nama INAYAH ELSANI tulisan koreanyah kyak gmna?

  215. Hiromi berkata:

    Annyeong Haseyo , Jonen Omy imnida ,,,
    aku pencinta bahasa kak , mohon bimbingannya untuk belajar bhs koreanya sama kakak ,,,

    Gomawo … 😉

  216. Hiromi berkata:

    Annyeong Haseyo ,Oppa-dul
    Jonen Omy imnida…

  217. Sucai berkata:

    Kaka, aku sering dengar sarang haja, saranghanda.. kalo itu arti nya apa yaa kaa??

    1. kursuskoreasurabaya berkata:

      Haja ( 하자 ) artinya mari yaitu ajakan
      sarang handa ( 사랑 한다 ) : aku mencintaimu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

BELAJAR KOREA

shares